Logo Bloomberg Technoz

Cara Founder E-commerce Raksasa Temu Jadi Orang Terkaya di China

News
12 August 2024 15:40

Colin Huang pendiri pendiri PDD Holdings Inc (Pinduoduo) atau platform e-commerce Temu untuk pasar non China. (Dok: Bloomberg)
Colin Huang pendiri pendiri PDD Holdings Inc (Pinduoduo) atau platform e-commerce Temu untuk pasar non China. (Dok: Bloomberg)

Venus Feng, Diana Li dan Zheping Huang—Bloomberg News

Bloomberg, Tidak banyak yang tahu sosok Colin Huang, pendiri PDD Holdings Inc (Pinduoduo), perusahaan pemilikPinduo platform e-commerce Temu. Kini Colin Huang resmi menyandang sebagai orang terkaya di China.

Colin Huang adalah mantan insinyur Google yang memperkenalkan platform e-commerce d engan berfokus menjual barang-barang murah tahun 2015.  Pada awal 2021 total kekayaan Colin Huang sempat tercatat US$71,5 miliar (sekitar Rp1.144 triliun).

Namun seperti banyak miliarder yang disebut sebagai 'korban Covid-19', kekayaannya anjlok 87% dalam kurun waktu sekitar satu tahun. Penurunan Huang sangat mencolok karena pandemi global yang melambat bertepatan dengan tindakan pemerintah China keras terhadap sektor swasta.

Kemudian sesuatu yang mengejutkan terjadi: PDD Holdings Inc milik Huang bangkit kembali. Tidak sebesar sebelumnya, namun stabil, dengan ekspansinya di luar China dengan brand Temu.