Logo Bloomberg Technoz

Penurunan ini terjadi di tengah upaya serius Beijing untuk menarik dan mempertahankan investasi asing, menyusul peningkatan dana asing terkecil yang pernah tercatat tahun lalu. Pemerintah ingin menunjukkan bahwa negara tetap terbuka dan menarik bagi bisnis asing, dengan harapan perusahaan akan membawa teknologi canggih dan menolak tekanan dari AS dan tempat lain untuk memutus hubungan dengan China.

Data SAFE, yang melacak aliran dana asing bersih (net inflow), dapat mencerminkan tren keuntungan perusahaan asing, serta perubahan ukuran operasi mereka di China. Perusahaan multinasional memiliki lebih banyak alasan untuk menyimpan uang tunai di luar negeri daripada di China, karena ekonomi maju telah menaikkan suku bunga sementara Beijing menurunkannya untuk merangsang ekonomi.

Angka sebelumnya dari Kementerian Perdagangan menunjukkan bahwa investasi langsung asing baru ke China selama paruh pertama tahun ini adalah yang terendah sejak awal pandemi pada 2020.

Investasi Luar Negeri yang Meningkat

Neraca perdagangan China. (Sumber: Bloomberg)

Investasi keluar China juga mencapai rekor, dengan perusahaan mengirimkan US$71 miliar ke luar negeri pada kuartal kedua, naik lebih dari 80% dari US$39 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Perusahaan China telah dengan cepat meningkatkan investasi, dengan uang mengalir ke proyek-proyek seperti pabrik kendaraan listrik dan baterai.

Data tersebut juga menunjukkan bahwa anomali dalam pengukuran surplus perdagangan China terus tumbuh, mencapai rekor US$87 miliar pada kuartal kedua dan menjadi hampir US$150 miliar untuk paruh pertama tahun ini. Kesenjangan itu disorot oleh Departemen Keuangan AS awal tahun ini dalam sebuah laporan yang meminta China untuk menjelaskan mengapa angka-angka tersebut sangat berbeda.

Menurut laporan terbaru dari IMF, perbedaan ini “tampaknya terutama disebabkan oleh metodologi yang berbeda yang digunakan untuk mencatat ekspor dan impor barang.”

Kesenjangan tersebut telah meningkat setelah pergantian dua tahun lalu dalam data yang digunakan oleh otoritas China, dan juga didorong oleh peningkatan produksi baru-baru ini di kawasan berikat (bonded zone) oleh perusahaan asing.

(bbn)

No more pages