Logo Bloomberg Technoz

Investor Asing Tarik Dana Jumbo dari China, Sinyal Mulai Pesimis

News
12 August 2024 15:10

Ilustrasi ekonomi China. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi ekonomi China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Investor asing menarik dana (capital outflow) dalam jumlah besar dari China pada kuartal terakhir. Hal ini kemungkinan mencerminkan pesimisme yang dalam terhadap negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Liabilitas investasi langsung China dalam neraca pembayarannya turun hampir US$15 miliar pada periode April-Juni, menandai kali kedua angka ini berubah negatif, menurut data dari Administrasi Negara Penukar Mata Uang Asing yang dirilis Jumat (09/08/2024). Angka tersebut turun sekitar US$5 miliar untuk enam bulan pertama.

Jika penurunan berlanjut hingga akhir tahun, ini akan menjadi arus keluar (capital outflow) bersih tahunan pertama setidaknya sejak 1990, ketika data pembanding dimulai.

Investor asing menarik dananya keluar dari China. (Sumber: Bloomberg)

Investasi asing ke China telah merosot dalam beberapa tahun terakhir setelah mencapai rekor US$344 miliar pada 2021. Perlambatan ekonomi dan meningkatnya ketegangan geopolitik telah mendorong beberapa perusahaan untuk mengurangi eksposur mereka, dan pergeseran cepat ke kendaraan listrik di China juga mengejutkan perusahaan mobil asing, mendorong beberapa untuk menarik atau mengurangi investasi mereka.