Logo Bloomberg Technoz

Daftar Calon Pengganti Sementara Airlangga yang Dipilih Besok

Mis Fransiska Dewi
12 August 2024 14:10

Airlangga Hartarto. (Dok: Bloomberg)
Airlangga Hartarto. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar akan menggelar rapat pleno untuk membahas calon pelaksana tugas (Plt) ketua umum partai berlambang pohon beringin tersebut. Hal ini dilakukan usai Airlangga Hartarto memutuskan untuk meninggalkan jabatannya sebagai ketua umum, Sabtu lalu.

"Rapat pleno DPP Partai Golkar yang akan dilaksanakan dalam waktu secepat-cepatnya. Tentu kami mentargetkan dalam dua hari ke depan tanggal 13 Agustus 2024," tutur Ketua DPP Golkar, Ace Hasan Syadzily dikutip Senin (12/8/2024)

Dia mengklaim, tak ada perpecahan di internal Partai Golkar soal jabatan kosong ketua umum. Saat ini, seluruh pekerjaan dan tanggung jawab Airlangga diambil alih 12 wakil ketua umum yang mengepalai masing-masing bidang.

Soal sosok calon Plt ketua umum, DPP Partai Golkar pun membantah telah ada keputusan sebelum pelaksanaan rapat pleno mendatang. Hal ini merujuk pada informasi majunya Menteri Perindustrian yang juga menjabat Wakil Ketua Umum bidang Perekonomian Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Menurut Ace, selain sebagai pengganti sementara Airlangga, plt ketua umum juga akan bertugas untuk menyiapkan dan menggelar musyawarah nasional luar biasa (Munaslub).