Logo Bloomberg Technoz

Trem Otonom Dijajal untuk Feeder di IKN, Kecepatannya 40 Km/Jam

Pramesti Regita Cindy
12 August 2024 13:10

Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN)./dok. Kementerian PUPR
Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN)./dok. Kementerian PUPR

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Perhubungan (Kemenhub) Budi Karya Sumadi melakukan uji coba trem otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Uji coba pada Minggu ini dilakukan guna mempersiapkan pengoperasian trem otonom pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia yang akan berlangsung pada 17 Agustus 2024 di IKN.

"Saya bersama tim dari CRRC China, melakukan uji coba ART pada hari ini dan dioperasikan dengan menggunakan marka. Kami sedang uji coba terus, agar pada 17 Agustus 2024 sudah dioperasikan dan dapat melayani dengan baik," kata Budi seperti dalam siaran pers Kemenhub, dikutip Senin (12/8/2024).

Saat ini, Budi mengungkapkan sudah terdapat satu rangkaian trem otonom di IKN. Pada tahap awal, trem otonom tersebut akan berfungsi sebagai kendaraan pengumpan (feeder) bagi peserta upacara HUT RI, dengan kecepatan jelajah 40 km/jam di Jalan Sumbu Kebangsaan Barat dan Jalan Sumbu Kebangsaan Timur.

Uji coba trem otonom di IKN Nusantara oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu (11/8/2024)./dok. Kemenhub

Untuk pengoperasiannya, trem otonom ini menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. Hal tersebut diharapkan mampu mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi, sehingga klaim Budi dapat sejalan dengan konsep dan prinsip IKN sebagai kawasan kota cerdas, hijau, serta berkelanjutan.