Logo Bloomberg Technoz

Lebih lanjut, Ma'ruf juga menekankan IKN dirancang dengan visi jangka panjang untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh ibu kota sebelumnya —yakni Jakarta — seperti kepadatan penduduk, kemacetan, dan kerusakan lingkungan.

Selain itu, IKN diharapkan mampu menjadi pusat inovasi, pendidikan, dan budaya, serta menjadi magnet bagi investasi, pertumbuhan ekonomi, dan pendorong pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

"Pada hari ini, kita bersyukur dapat menjadi saksi sejarah pembangunan negeri kita. Pembangunan Istana Wakil Presiden di IKN adalah langkah penting dalam mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih maju, sejahtera, dan berkeadilan," kata Ma'ruf Amin. 

"Lebih dari itu, istana ini harus menjadi sumbu perubahan dan tempat lahirnya berbagai kebijakan penting yang menyangkut hajat hidup rakyat Indonesia," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya lantas menyampaikan sejumlah pesan penting dalam pembangunan Istana Wakil Presiden di IKN.

Pertama, pentingnya mengedepankan prinsip keberlanjutan dan ramah lingkungan dalam setiap tahap pembangunan. Dia menekankan agar penggunaan teknologi hijau dan material berkelanjutan diutamakan sehingga istana ini tidak hanya bagus secara fisik tetapi juga harmonis dengan alam dan masyarakat sekitar.

Kedua, menekankan kualitas tinggi dalam setiap aspek pembangunan, baik dari segi material konstruksi maupun desain, sembari mengingatkan pentingnya pengawasan yang ketat untuk memastikan proses konstruksi berjalan sesuai perencanaan.

Ketiga, transparansi dan akuntabilitas harus dijaga selama proses pembangunan. "[Saya] meminta kepada seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga integritas, dan bekerja dengan penuh tanggung jawab, pastikan proyek ini bebas dan segala bentuk penyimpanan dan penyelewengan," tegasnya.

(prc/wdh)

No more pages