Logo Bloomberg Technoz

Ma'aruf Amin Groundbreaking Istana Wapres Rp1,45 T di IKN

Pramesti Regita Cindy
12 August 2024 12:40

Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)
Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi melakukan petakkan batu pertama (groundbreaking) Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

Groundbreaking Istana Wakil Presiden ini merupakan bagian dari rangkaian peletakan batu pertama investasi tahap ketujuh di IKN dan direncanakan selesai sebelum upacara HUT RI pada 17 Agustus 2025.

Menyitir dari berbagai sumber, konsep Istana Wapres di IKN yakni Huma Betang Uma yang artinya Rumah Panjang Ibu dalam bahasa Dayak. Luas total lahan 148,417 meter persegi, atau 14,8 hektare, luas total bangunan 32.061 meter persegi dengan nilai proyek Rp1,45 triliun.

Dalam sambutannya, Ma'ruf menegaskan pembangunan IKN bukan hanya sekadar proyek infrastruktur, melainkan cerminan dari visi besar untuk menciptakan pusat pemerintahan yang modern, berkelanjutan, inklusif, dan berorientasi pada masa depan.

"IKN menjadi simbol dari tekad kita untuk merajut keberagaman dalam persatuan dan memastikan bahwa setiap sudut Nusantara mendapat perhatian yang setara dalam pembangunan nasional," ujar Ma'aruf dikutip dari Sekretariat Wapres.

Wakil Presiden Maruf Amin ( Dok Sekretariat Kabinet )