Logo Bloomberg Technoz

Ahli Sebut Wabah Cacar Monyek Berpotensi Naik jadi Status Darurat

Dinda Decembria
12 August 2024 12:10

Mpox. (Sumbe: Akun YouTube Sulianto Saroso Hospital)
Mpox. (Sumbe: Akun YouTube Sulianto Saroso Hospital)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tengah berencana mengumpulkan dan menggenal sebuah panel nasihal. Hal ini berkaitan dengan wabah cacar monyet atau mpox yang merebak di Afrika Tengah. WHO akan menetapkan apakah wabah tersebut masuk kriteria keadaan darurat internasional.

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menilai, Monkeypox (mpox) yang terjadi di Kongo, Afrika Selatan sudah memenuhi kriteria status darurat atau publik health emergency of international concern (PHEIC). Hal ini merujuk pada 500 kematian infeksi yang terjadi di negara tersebut.

Wabah atau penyakit yang sama menjadi ancaman global karena sudah terdeteksi di sejumlah negara di Benua Eropa dan Amerika.

"Dan kalau saya pribadi melihatnya cukup memenuhi kriteria sebagai publik health internasional of concern,"kata Dicky kepada Bloomberg Technoz, Senin (12/8/2024).

Dicky juga mengatakan wabah yang kini outbreak khususnya berbeda tipe dengan penyakit yang menyebar pada 2022 dan 2023. Hal ini nampak pada gejala awal penderita yang semakin parah dan mematikan.