Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Sebut Investasi Non APBN di IKN Sudah Capai Rp56,2 T

Muhammad Fikri
12 August 2024 10:50

Presiden Jokowi Tinjau Kawasan Istana di IKN (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Tinjau Kawasan Istana di IKN (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat kabinet paripurna perdana di kawasan Istana Negara, Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Dalam rapat tersebut, Jokowi mengungkap tentang perkembangan dan rencana pembangunan IKN. Salah satunya adalah total investasi di luar anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dalam proyek pemindahan dan pembangunan ibu kota negara baru tersebut.

“Per hari ini perlu juga saya sampaikan bahwa sudah di luar anggaran dari APBN investasi yang masuk sudah Rp56,2 triliun” kata Jokowi pada rapat kabinet perdana di IKN, Senin (12/8/2024).

Jokowi juga menyampaikan rincian 55 proyek dalam proses pembangunan dengan dana non APBN tersebut, yaitu terdapat 6 bangunan untuk sektor kesehatan, 3 bangunan untuk retail dan logistik, 10 untuk bangunan hotel, 8 bangunan energi dan transport, 2 bangunan kantor dan perbankan, 14 hunian, 9 untuk bangunan area hijau, dan 3 bangunan untuk media dan teknologi.

Selanjutnya, Jokowi juga menyinggung bahwa IKN merupakan ibu kota yang dibangun dengan konsep Forest City, yang dimana kota penuh dengan penghijauan, bukan merupakan ibu kota yang dipenuhi oleh beton dan kaca.