Logo Bloomberg Technoz

Perlambatan ekonomi China masih mempengaruhi mereka. Bisnis periklanan, fintech, dan layanan Tencent terbukti sensitif terhadap pertumbuhan ekonomi yang memburuk.

Ilustrasi JD.ID (Dimas Ardian/Bloomberg)

Di sisi lain Alibaba dan JD.com membelanjakan lebih banyak untuk fasilitas dan diskon online guna mendorong pertumbuhan penjualan.

Indeks harga konsumen China diperkirakan  naik lebih pada bulan Juli, memberikan harapan akan pemulihan permintaan domestik. 

Untuk produsen perangkat keras, Hon Hai Precision Industry Co dan anak perusahaannya, Foxconn Industrial Internet Co, kemungkinan akan mengalami kenaikan pendapatan dua digit pada kuartal ini.

Perusahaan vendor iPhone ini semakin mengandalkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk mendorong pertumbuhan.

Sebelumnya, penjualan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) naik 45% di bulan Juli, juga berkat permintaan yang kuat untuk chip AIdari perusahaan-perusahaan seperti Nvidia Corp.

Beberapa yang bisa jadi perhatian investor:

Senin: International Container Terminal Services (ICT PM) akan mengalami pertumbuhan pendapatan berkelanjutan setelah pendapatan konsolidasi kuartal pertama naik.

Raihan ini ditopang atas hasil dan volume lebih tinggi dari wilayah Amerika, kata COL Financial. Ekspansi pelabuhan saat ini dan akuisisi terminal pelabuhan juga akan membantu mempertahankan pertumbuhannya.

Selasa: Laba bersih semester pertama Foxconn Industrial (601138 CH) melonjak 22%, menurut hasil awal, didorong oleh pertumbuhan bisnis komputasi awan dan permintaan kuat server-server AI, kata Bloomberg Intelligence. Margin kotor Foxconn dapat meningkat karena tumbuhnya bauran penjualan server AI kelas atas hingga meningkatkan profitabilitas. Segmen bisnis internet yang menguntungkan mungkin telah tertekan oleh pertumbuhan ekonomi China yang lambat.

Foxconn (Dok: Bloomberg)
  • Laba bersih inti Wilmar (WIL SP) pada kuartal kedua mungkin akan tetap datar, karena periode ini biasanya lemah efek kurangnya permintaan yang meriah, kata Kay Hian dari UOB. Bisnis minyak tropis ini juga diperkirakan akan menghadapi tekanan marjin yang terus berlanjut di tengah persaingan di antara perusahaan-perusahaan penyulingan di Indonesia, katanya.

  • Pendapatan Airports of Thailand (AOT TB) pada kuartal ketiga kemungkinan naik lebih dari 25% karena kedatangan internasional terus meningkat, kata BI. Kedatangan turis dari China mungkin akan meleset dari proyeksi resmi 8 juta tahun ini, meskipun pengunjung dari negara-negara lain mungkin akan menutupi kekurangannya.

Rabu: Tencent (700 HK) mungkin meraih kenaikan 8,1% pendapatan kuartal kedua. Ada dukungan dari momentum permintaan berkelanjutan untuk iklan online dan video game domestik. Program pembelian kembali (buyback) saham saat ini mungkin akan diperluas, kata BI. Nantikan strategi untuk meningkatkan permainan domestik dan meremajakan permainan yang ada selama panggilan pendapatan, kata Jefferies.

Tencent (Qilai Shen/Bloomberg)
  • Penjualan kuartal kedua Hon Hai Precision (2317 TT) kemungkinan melonjak 17%. BI memperkirakan produk cloud akan menjadi pendorong pertumbuhan terbesar, didukung oleh permintaan yang kuat untuk server AI. Peluncuran iPad Pro baru dan pulihnya permintaan PC mungkin mendorong pendapatan segmen komputer.

  • Laba Commonwealth Bank of Australia (CBA AU) pada semester kedua diperkirakan akan mengalami kontraksi, meskipun lebih kecil dibandingkan para pesaingnya karena penurunan margin yang stabil. BI mengatakan bahwa bank ini mungkin akan menggunakan kelebihan modal untuk meningkatkan program pembelian kembali sahamnya.

Kamis: Alibaba (BABA US) mungkin dapat meraiah pertumbuhan 6,7% pendapatan kuartalan, meskipun menghabiskan lebih banyak untuk iklan dan fasilitas pengguna untuk menarik lebih banyak pembeli di luar China, menurut BI. Sentimen bisnis yang lesu di China diprediksi telah membatasi kenaikan pendapatan grup Taobao-Tmall, dengan konsensus menunjukkan perlambatan pertumbuhan menjadi 2,3%.

Alibaba. (Dok: Bloomberg)
  • Pertumbuhan pendapatan ritel kuartal kedua JD.com (JD US) kemungkinan menyusut ke level terendah sembilan bulan, kata BI. Peningkatan pendapatan pihak ketiga dengan margin yang lebih tinggi, terutama selama acara penjualan 618 di China, mungkin meningkatkan margin operasi ritelnya di tengah persaingan harga yang semakin ketat dengan para pesaingnya termasuk Alibaba.

  • Laba kuartalan Lenovo (992 HK) bisa jadi melonjak 31%, menurut perkiraan, seiring dengan pulihnya pasar PC global. UOB Kay Hian memperkirakan pengiriman PC tumbuh 3,5%.

(bbn)

No more pages