Logo Bloomberg Technoz

Harga gas alam Eropa sedang mengalami reli dengan dua kenaikan mingguan dua digit berturut-turut. Serangan Ukraina ke wilayah Kursk yang berbatasan dengan Rusia minggu lalu menempatkan titik transit gas utama dalam risiko.

Beberapa negara Eropa, termasuk Austria dan Slovakia, bergantung pada gas Rusia yang melintasi Ukraina meskipun seluruh Eropa telah beralih ke diversifikasi pasokan.

Grafik harga gas Eropa. (Sumber: Bloomberg)

Stok Minyak Mentah

Penurunan harga minyak mentah patokan AS dalam beberapa minggu terakhir menutupi pasar fisik yang menunjukkan tanda-tanda semakin ketat. Sementara futures West Texas Intermediate telah jatuh sekitar 5% sejak 21 Juni, stok minyak mentah AS telah menyusut sebesar 6,8% dalam periode tersebut.

Premi untuk barel yang tersedia dibandingkan dengan yang berjangka waktu lebih lama juga naik dalam jangka waktu tersebut dan melonjak tajam minggu lalu, biasanya merupakan indikasi permintaan melebihi pasokan. Masih harus dilihat apakah sinyal pasar fisik ini akan mengalahkan kekhawatiran tentang ekonomi AS dan China serta mengguncang futures dari kemerosotan baru-baru ini.

Grafik stok minyak AS. (Sumber: Bloomberg)

Ekspansi Hasil Panen

Departemen Pertanian AS akan mempublikasikan laporan pasokan dan permintaan bulanan pada 12 Agustus. Pedagang, rata-rata, mengharapkan lembaga tersebut menaikkan perkiraan yang sudah mencapai rekor tinggi untuk hasil panen dua tanaman yang paling banyak ditanam di Amerika: jagung dan kedelai.

Masih ada potensi lahan yang ditanam menjadi lebih rendah dari yang diharapkan setelah hujan lebat musim semi membanjiri beberapa lahan. Area yang lebih kecil akan sebagian mengimbangi kenaikan perkiraan produksi yang terkait dengan hasil panen yang besar.

Imbal hasil panen AS. (Sumber: Bloomberg)

Amonia Bersih

Produksi amonia bersih dapat tumbuh hingga 30 kali lipat pada dekade ini, mencapai hingga 13% dari pasokan amonia global pada tahun 2030, menurut penelitian baru dari BloombergNEF. AS diperkirakan memimpin dalam produksi, dengan China dan Timur Tengah juga berkontribusi pada kenaikan tersebut.

Kuota, subsidi impor, kredit pajak AS, dan meningkatnya permintaan China semuanya mendorong pembangunan amonia bersih, menurut BNEF.

Persediaan amonia bersih. (Sumber: Bloomberg)

(bbn)

No more pages