Logo Bloomberg Technoz

Pelonggaran carry trade Yen “bukanlah sesuatu yang dapat diselesaikan dalam beberapa hari,” ia menambahkan.

Mengutip data CoinMarketcap, top 10 market caps aset kripto relatif terkoreksi. Penuruan paling tinggi terjadi pada Solana (-7%) dibandingkan hari Minggu dan ada di kisaran US$143,53. Toncoin TON jadi kripto terlemah kedua (-6,7%) ke posisi US$6,2.  Sementara Ether mencatatkan pelemahan -2,8% ke level US$2.547,89.

Pergerakan koin digital yang melemah juga erat kaitannya dengan redanya situasi tegang di pasar keuangan usai kekhawatiran Federal Reserve akan melakukan penurunan suku bunga secara cepat dan tajam demi mencegah resesi lebih dalam.

Yen yang melemah 0,2% atas dolar AS Senin juga ditopang oleh trader yang memangkas taruhan bearish setelah kenaikan suku bunga Bank of Japan. Sebagai aset paling berfluktuasi, investor Bitcoin masih mengamati situasi makro ekonomi AS, termasuk peluang terjadinya resesi.

Chris Weston, kepala penelitian di Pepperstone Group di Melbourne berkeyakinan bahwa pasar akan sensitif terhadap data yang menunjukkan pelemahan harga konsumen. Minggu ini situasi pasar bakal dipengaruhi data CPI AS yang diumumkan pada Rabu, dengan perkiraan naik 0,25% untuk periode Juni.

Teka-teki penurunan suku bunga oleh The Fed akan terus disimak, dengan sinyal terakhir datang dari Gubernur Fed Michelle Bowman akhir pekan lalu.

Ia sebut adanya risiko-risiko kenaikan inflasi dan berlanjutnya kekuatan di pasar tenaga kerja. Sebuha kode bahwa ia mungkin belum siap untuk mendukung penurunan suku bunga saat para gubernur bank sentral AS bertemu di bulan September.

Pasar uang telah sepenuhnya memperhitungkan penurunan suku bunga di bulan September dan sekitar 100 basis poin pelonggaran untuk tahun ini, menurut data swap yang dikumpulkan oleh Bloomberg.  

Bryan Whalen, kepala investasi dan manajer portofolio generalis di TCW Group menyampaikan bahwa kali ini pasar masih gugup.

(wep)

No more pages