Logo Bloomberg Technoz

Otoritas Hamas di Gaza memperkirakan sekitar 100 orang tewas dalam serangan rudal pada Sabtu (10/8/2024). Angka-angka tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen dan pihak berwenang Hamas tidak membedakan antara korban sipil dan kombatan.

Wakil Presiden AS Kamala Harris, yang mencalonkan diri untuk menggantikan Presiden Joe Biden di Gedung Putih pada bulan November mendatang, mengecam Israel atas jatuhnya korban sipil dan menegaskan bahwa Israel "memiliki hak untuk mengejar para teroris, yaitu Hamas."

"Sekali lagi, terlalu banyak warga sipil yang terbunuh," katanya kepada para wartawan pada hari Sabtu dalam sebuah kampanye di bagian barat AS. "Kita membutuhkan kesepakatan penyanderaan, dan kita membutuhkan gencatan senjata. Kesepakatan itu harus dilakukan, dan harus dilakukan sekarang."

Belgia mengutuk keras serangan terhadap sebuah sekolah di Gaza itu, yang telah merenggut nyawa sedikitnya seratus orang pengungsi.

“Perang ini harus segera dihentikan. Menargetkan infrastruktur sipil melanggar hukum internasional dan tidak dapat diterima,” tulis Menteri Luar Negeri Belgia Hadja Lahbib dalam akun X resminya.

Serangan tersebut merupakan salah satu serangan paling mematikan dalam perang Israel-Hamas, yang kini memasuki bulan ke-11, dan dapat menghambat upaya internasional untuk melanjutkan perundingan gencatan senjata antara kedua belah pihak.

AS, Qatar dan Mesir telah menyerukan putaran pembicaraan baru pada tanggal 15 Agustus, upaya terbaru dari pemerintahan Biden untuk mengakhiri perang di Gaza. Israel telah mengatakan akan mengirimkan sebuah delegasi, sementara Hamas belum memberikan tanggapan.

Ketiga negara tersebut telah menekan kedua belah pihak selama berbulan-bulan, mendesak baik Israel maupun militan Hamas untuk menghentikan pertempuran di Jalur Gaza. Menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas perang ini telah menewaskan sekitar 40.000 warga Palestina. Hamas, yang menyerang Israel pada tanggal 7 Oktober, ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa.

(bbn)

No more pages