Logo Bloomberg Technoz

Kalender Ekonomi Sepekan: Data Inflasi AS Jadi Fokus Utama Pasar

Ruisa Khoiriyah
12 August 2024 07:50

Ilustrasi aktivitas ekonomi Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi aktivitas ekonomi Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pekan penuh data pivotal kembali datang. Kalender ekonomi pekan ini padat berisi jadwal rilis data penting yang akan mempengaruhi arah pasar keuangan di seluruh dunia.

Salah satu fokus utama para investor global adalah pengumuman data inflasi Amerika Serikat (AS) yang akan dilansir pekan ini, yaitu inflasi Indeks Harga Konsumen (Consumer Price Index/CPI) juga inflasi Indeks Harga Produsen (Producer Price Index/PPI). 

Dua data itu akan menjadi data pivotal setelah sepanjang pekan lalu pasar menghadapi gejolak nan tajam pasca rilis data pengangguran AS yang lebih tinggi ketimbang prediksi, memicu kekhawatiran akan terjadinya resesi di perekonomian terbesar dunia itu. 

Konsensus pasar yang dihimpun oleh Bloomberg sampai pagi ini, memperkirakan inflasi PPI Juli sebesar 0,2% month-on-month (mom) dan 2,3% year-on-year (yoy). Sementara inflasi inti PPI di angka 0,2% mom dan 2,7% yoy

Sementara inflasi CPI pada Juli diprediksi 0,2% mom setelah bulan lalu tak terduga terjadi deflasi. Sedangkan secara tahunan, inflasi CPI Amerika diprediksi sebesar 3%, tidak berubah. Sedang inflasi inti CPI diprediksi 0,2% mom, naik dari bulan sebelumnya 0,1% sedang secara tahunan diperkirakan 3,2%, turun dari 3,3% pada Juni.