Logo Bloomberg Technoz

Menakar Nilai Medali Olimpiade Paris di Tengah Harga Emas Tinggi

News
12 August 2024 05:20

Medali emas Olimpiade Paris 2024. (Sumber: Bloomberg)
Medali emas Olimpiade Paris 2024. (Sumber: Bloomberg)

Jacob Reid - Bloomberg News

Bloomberg, Medali emas Olimpiade Paris 2024 memiliki nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya. Bahan mentah yang digunakan untuk membuatnya berpotensi mencapai sekitar US$900 per buah (Rp14,3 juta).

Medali tersebut mengandung enam gram emas, yang harganya melonjak hingga mencapai rekor pada pertengahan Juli berkat pembelian oleh bank sentral, minat ritel di Cina, dan ekspektasi pelonggaran kebijakan moneter AS. Harga perak juga jauh lebih tinggi tahun ini, yang merupakan setidaknya 92,5% dari berat medali emas.

Bahkan setelah disesuaikan dengan inflasi, nilai medali masih merupakan yang tertinggi sepanjang masa, dengan para atlet Olimpiade diuntungkan oleh kenaikan tajam harga emas batangan dan medali yang semakin berat.

Dalam praktiknya, atlet Olimpiade cenderung tidak melelehkan atau menjual medali mereka, yang tahun ini juga mengandung sepotong kecil Menara Eiffel. Hadiah yang diberikan negara kepada atlet pemenang jauh lebih menguntungkan, termasuk uang tunai, pembebasan dari wajib militer, dan sapi. Carlos Yulo - yang menjadi peraih medali emas pertama Filipina minggu lalu - akan menikmati kondominium berperabot lengkap dan pemeriksaan kolonoskopi gratis seumur hidup.

Grafik harga emas. (Sumber: Bloomberg)