Logo Bloomberg Technoz

“Ambisi pertumbuhan kami sangat tinggi,” kata Josh D’Amaro, yang memimpin divisi resor, dalam sebuah wawancara. “Kami ingin dunia tahu bahwa kami serius tentang hal itu dan benar-benar menggandakan investasi dan pengalaman kami di seluruh dunia.”

Ilustrasi Walt Disney (Sumber: Bloomberg)

Disney terus maju dengan rencana ambisius tersebut meskipun terjadi perlambatan dalam bisnis tamannya yang terkait dengan tren konsumen yang melemah. Dengan pendapatan terbarunya pada 7 Agustus, perusahaan melaporkan laba yang lebih rendah di resor, yang telah menjadi mesin pertumbuhan dalam beberapa tahun terakhir.

Kampus Avengers di Disney’s California Adventure di Anaheim akan mendapatkan dua atraksi baru, termasuk simulator penerbangan yang dikaitkan dengan karakter Tony Stark dari Marvel. Taman itu juga akan mendapatkan atraksi yang dikhususkan untuk film Pixar Coco, yang mengikuti karakter Miguel Rivera melalui Negeri Orang Mati.

Itu merupakan tambahan dari wahana Avatar yang diumumkan sebelumnya, yang akan didasarkan pada film kedua dan ketiga dalam seri tersebut. Konstruksi untuk semua proyek akan dimulai selama lima tahun ke depan, kata D’Amaro.

Disney merencanakan empat kapal pesiar baru, sebagai tambahan dari empat yang sudah dalam pengembangan dan lima yang saat ini sedang melaut, sebuah komitmen besar bagi industri tersebut. Kapal-kapal baru tersebut akan selesai dibangun antara 2027 dan 2031.

Perusahaan tersebut baru-baru ini mengumumkan sebuah kapal baru yang akan bermarkas di Singapura. D’Amaro menolak mengatakan ke mana kapal-kapal baru tersebut akan berlayar, tetapi mengisyaratkan lebih banyak pelabuhan internasional akan segera dibangun.

“Ada permintaan di seluruh dunia untuk kapal-kapal pesiar ini,” katanya. "Kami akan sangat cerdas dalam mengerahkan armada untuk menyampaikan kisah dan pengalaman ini kepada sebanyak mungkin orang di seluruh dunia."

Disney's Hollywood Studios di Florida akan mendapatkan lahan yang didasarkan pada waralaba Monsters Inc. milik Pixar, termasuk roller coaster. Animal Kingdom di dekatnya akan mendapatkan wahana baru yang dikhususkan untuk Indiana Jones dan wahana yang menciptakan kembali rumah ajaib dari film animasi Encanto.

Atraksi Spider-Man baru akan hadir di taman Disney di Shanghai dan Hong Kong. Di Paris, perusahaan akan membangun danau dan wahana perahu kayu terpisah yang didasarkan pada The Lion King.

Untuk memperingati ulang tahun ke-70 Disneyland California tahun depan, taman itu akan mendapatkan versi animatronik dari salah satu pendirinya, Walt Disney.

Dalam jangka panjang, atraksi baru tersebut dapat membantu menghidupkan kembali permintaan. Kepala Keuangan Hugh Johnston mengatakan dalam panggilan dengan investor bahwa perusahaan memperkirakan penjualan tetap pada divisi resor hingga pertengahan 2025 karena konsumen berpenghasilan rendah mengurangi pembelian tiket dan barang dagangan, dan tamu yang lebih kaya bepergian ke luar negeri.

Performa taman hiburan Disney yang melemah baru-baru ini menyusul kenaikan harga tiket selama bertahun-tahun yang kemungkinan telah membebani konsumen, kata Dennis Speigel, kepala eksekutif konsultan International Theme Park Services, dalam sebuah wawancara.

“Setiap 10 tahun atau lebih, kami mulai menemui hambatan harga,” kata Speigel. “Disney dan Universal bertahan dengan cukup baik, dengan tamu yang telah memesan tiket pesawat dan hotel beberapa bulan sebelumnya masih datang. Namun saat memasuki 2023, mereka terus menaikkan harga, dan saat itulah terjadi penurunan dan kami mulai menemui hambatan lagi.”

D’Amaro mengatakan perusahaan tersebut ahli dalam mengelola pergeseran konsumen. Ia mengatakan perusahaan dapat menerapkan promosi dan menargetkan audiens yang sangat spesifik, serta mengelola biaya.

“Kami memiliki alat yang sangat canggih untuk mengelola fluktuasi jenis ini,” katanya. “Kami berada dalam posisi yang jauh lebih baik saat ini daripada sebelumnya.”

Unit Universal dari Comcast Corp. juga berencana membangun taman hiburan baru di Florida yang akan mencakup lahan yang terkait dengan jajaran monster film klasiknya seperti Frankenstein dan Dracula.

D'Amaro tidak mengatakan penjahat mana yang akan ditampilkan di lahan baru Disney tersebut, jajaran yang mungkin mencakup karakter seperti Cruella de Vil dan Maleficent.

"Anda dapat mengharapkan semua penjahat yang dapat Anda bayangkan berkumpul di lahan ini," katanya. "Saya pikir ini akan menjadi salah satu hal paling hebat yang pernah dibangun oleh para imajinasi kita."

Disney mengungkap lebih banyak rencana untuk menempatkan karakternya dalam gim video populer Fortnite sebagai bagian dari kemitraan yang sedang berlangsung dengan pengembang Epic Games.

Pengumuman tersebut menutup hari kedua D23, acara tiga hari untuk penggemar berat Disney. Para peserta biasanya memadati Anaheim Convention Center untuk menonton pertunjukan, diskusi panel, dan berbelanja yang terkait dengan film, acara TV, dan wahana taman hiburan perusahaan tersebut.

Tamu tahun ini datang dari seluruh 50 negara bagian dan 36 negara. Atraksi yang ada termasuk pameran mobil antik, perayaan pertunjukan Broadway Disney, dan satu lagi yang dikhususkan untuk studio animasi perusahaan. Vendornya beragam, mulai dari pedagang seni hingga pembuat mainan dan agen perjalanan.

Untuk pertama kalinya, Disney menggelar presentasi terbesarnya di arena terpisah. Presentasi hari Jumat dikhususkan untuk bisnis film dan TV perusahaan. Pada hari Minggu, "legenda" Disney termasuk aktor Harrison Ford dan Jamie Lee Curtis, sutradara James Cameron, dan komposer John Williams akan mendapatkan pengakuan atas kontribusi mereka terhadap perusahaan.

Klub penggemar D23, yang dinamai berdasarkan tahun perusahaan tersebut didirikan, memiliki lebih dari 1,5 juta anggota.

"Kami yakin dengan bisnis ini, dan saya pikir keyakinan itu terlihat jelas dalam hal investasi yang kami lakukan," kata D'Amaro. "Apa yang selalu kami lakukan dengan baik adalah kami terus berusaha dan berinvestasi untuk generasi mendatang, dan kami melakukannya sekarang."

(bbn)

No more pages