Logo Bloomberg Technoz

Kirab Bendera Pusaka Tiba di IKN, Disambut Gubernur-Kapolda

Sultan Ibnu Affan
10 August 2024 15:00

Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)
Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gelaran proses pemindahan kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi resmi akan dikirimkan dari Monas, Daerah Khusus Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur hari ini, Sabtu (10/8/2024).

Berdasarkan siaran langsung resmi kanal YouTube Sekretariat Presiden, prosesi tersebut dipimpin oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, yang sekaligus sebagai Pj Gubernur Jakarta, yang dimulai pagi hari pada pukul 08.00 WIB.

"Kirab hari ini dipimpin oleh Kasetpres, kemudian melibatkan sekitar 180 abang none dari DK Jakarta, dan 122 Purna Paskibraka provinsi DKI Jakarta," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan disekitar lokasi Monas.

Beberapa tampilan kesenian lokal, pasukan berkuda, hingga marching band juga turut memeriahkan bersama-sama mengiringi perhelatan pemindahan tersebut.

Rute pemindahan

Adapun, usai dilepaskan, kirab Bendera rencananya akan langsung di bawa ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dan langsung diterbangkan menggunakan pesawat milik TNI Angkatan Udara ke Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan.