Logo Bloomberg Technoz

Deretan Rekor yang Ditoreh Rizky Juniansyah di Olimpiade

Redaksi
10 August 2024 11:30

Rizki Juniansyah sumbang emas di Olimpiade Paris 2024 untuk Indonesia. (Dok: NOC Indonesia)
Rizki Juniansyah sumbang emas di Olimpiade Paris 2024 untuk Indonesia. (Dok: NOC Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Atlet angkat besi Rizky Juniansyah mengharumkan nama bangsa di perhelatan Olimpiade Paris 2024. Selain mendapatkan medali emas, Rizky juga memecahkan beberapa rekor.

Lahir di Serang, Banten pada 17 Juni 2003, karier Rizky Juniansyah sebagai atlet dimulai dari sejak kecil. Sang ayah yang juga seorang atlet angkat besi, Mohamad Yasin pernah meraih prestasi di SEA Games 1983 hingga 1993. Sang ibu, Yeni Rohaeni juga seorang atlet angkat besi di Provinsi Banten.

Segugang prestasi sudah diraih Rizky Juniansyah sejak muda, seperti meraih medali emas Kejurnas Antar-PPLP 2017 dan medali emas Kejurnas PPLP 2018. Selain itu, ia telah meraih medali Pekan Olahraga Daerah (Popda), Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), dan Pekan Olahraga Nasional (PON) mewakili Banten.

Rekor yang dipecahkan

  1. Rekor Clean and Jerk

Selain mendapatkan emas, Rizky Juniansyah juga memecahkan rekor Clean & Jerk di nomor 73 kg. Total angkatan Rizky adalah 199 kg mengalahkan rekor atlet China, Shi Ziyong di Olimpiade Tokyo dengan total 198 kg.

  1. Penantian 72 tahun tim angkat besi berakhir

Prestasi gemilang Rizky dengan meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024, membuat penantian panjang selama 72 tahun tim angkat besi Indonesia berakhir. Untuk pertama kalinya, angkat besi Indonesia bisa mendapatkan medali.

  1. Kalahkan Rekor Susy Susanti