Logo Bloomberg Technoz

Harga Emas Turun Pekan Ini, Simak Ramalan Buat Minggu Depan

Hidayat Setiaji
10 August 2024 07:00

Emas batangan. (Dok: Chalinee Thirasupa/Bloomberg)
Emas batangan. (Dok: Chalinee Thirasupa/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga emas dunia ditutup naik pada perdagangan kemarin. Namun secara mingguan, harga sang logam mulia terpangkas.

Pada Jumat (9/8/20240), harga emas dunia di pasar spot ditutup di US$ 2.430,58/troy ons. Naik 0,25% dibandingkan hari sebelumnya.

Meski demikian, harga emas masih membukukan koreksi 0,5% sepanjang pekan ini. Sebab, koreksi pada awal pekan begitu dalam sehingga belum tertutup sempurna.

Harga Emas di Pasar Spot (Sumber: Bloomberg)

“Dalam jangka menengah, prospek harga emas masih positif dengan sisipan koreksi sesaat. Data klaim pengangguran telah meredakan kekhawatiran soal resesi di Amerika Serikat (AS) dan ini mengangkat harga emas. Ditambah lagi, penurunan suku bunga sepertinya sudah dekat,” terang Zain Vawda, Analis di MarketPlus, seperti dikutip dari Bloomberg News.

Kemarin malam waktu Indonesia, Kementerian Ketenagakerjaan AS melaporkan klaim tunjangan pengangguran pada pekan yang berakhir 3 Agustus tercatat 230.000. Turun 17.000 dibandingkan pekan sebelumnya dan berada di bawah ekspektasi pasar dengan perkiraan 240.000.