Logo Bloomberg Technoz

Baru Rampung 70%, Kominfo Sebut PDN Cikarang Beroperasi Awal 2025

Muhammad Fikri
09 August 2024 20:34

(Dok. Kominfo)
(Dok. Kominfo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Hokky Situngkir mengatakan, pengaktifan Pusat Data Nasional (PDN) di Cikarang akan mulai beroperasi pada awal 2025.

“Yang jelas sih kita mungkin [PDN Cikarang] akan bisa diaktifkan mungkin tahun depan awal,” kata Hokky kepada wartawan di Kantor Kominfo, Jumat (9/8/2024).

Menurut dia, infrastruktur PDN Cikarang sudah mencapai 70%; sedangkan desain pada pusat data tersebut sudah mencapai 80%. Dia mengklaim, pertumbuhan infrastruktur dan desain dari PDN Cikarang sesuai dengan target atau timeline yang ditetapkan pemerintah.

“Naik berapa persen, dibanding sebulan sebelumnya. Kita evaluasi terus menerus, dan perlu memperhatikan security juga, security, backup, dan rancangannya," kata dia.

Sebelumnya, Dirjen Komunikasi dan Informasi Publik Kominfo, Usman Kansong mengatakan bahwa peresmian PDN Cikarang akan tetap diresmikan pada 17 Agustus 2024 mendatang. Meskipun peresmian tersebut hanyalah peresmian fisik bangunan pusat data tersebut.