Logo Bloomberg Technoz

BBM Rendah Sulfur Akan Diluncurkan Lebih Dulu di Jakarta

Dovana Hasiana
09 August 2024 19:10

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdian. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdian. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan bahan bakar minyak (BBM) rendah sulfur –yang merupakan jenis solar – bakal diluncurkan di pulau Jawa barat bagian utara, utamanya Jakarta dan sekitarnya hingga Balongan. 

Sekretaris Jenderal Migas Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan hal tersebut dilakukan karena volume produksi untuk BBM rendah sulfur belum cukup untuk memenuhi kebutuhan secara nasional. 

“Ya produksinya sudah siap, tetapi tidak cukup untuk produksi, itu hanya cukup untuk wilayah Jawa barat bagian utara termasuk Jakarta, Jabotabek dan nanti sampai ke Balongan” ujar Dadan saat ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2024). 

Selain itu, wilayah tersebut diprioritaskan karena memiliki kesiapan secara infrastruktur. Namun, Dadan memastikan bahwa pemerintah memang bakal berfokus pada Jakarta untuk mengurangi polusi yang ada. 

Sementara ketika ditanya periode peluncuran, Dadan mengatakan, pemerintah tengah menyelesaikan regulasi untuk BBM subsidi terlebih dahulu.