Logo Bloomberg Technoz

Pada saat ini KIM memang sudah bersepakat memboyong mantan Gubernur Jawa Barat dan kader Partai Golkar, Ridwan Kamil sebagai cagub pada Pilkada DKI Jakarta. Mereka masih membuka ruang pada sosok cawagub bagi anggota KIM lain atau partai politik yang tergabung ke KIM Plus.

Sebelumnya, sempat santer dikabarkan salah satu partai yang merapat adalah PKS. Pada Pilkada DKI Jakarta, PKS sebenarnya sudah menetapkan pasangan calon yang diklaim akan disepakat dua rekannya di koalisi perubahan yaitu PKB dan Partai Nasdem. Paslon tersebut adalah Anies Baswedan dan Sohibul Iman.

PKS kabarnya kekeuh mengusung kadernya yaitu Sohibul sebagai cawagub sebagai bagian kesepakatan dengan rekan koalisinya. Toh, PKS adalah pemenang Pileg DKI Jakarta dengan capaian 18 kursi di DPRD DKI Jakarta. Hal ini kemudian dihubungkan dengan potensi PKS gabung dengan KIM Plus dengan turut membawa Sohibul sebagai bakal cawagub. 

Akan tetapi, Airlangga sudah memastikan sosok cawagub tersebut bukan Sohibul; namun masih terbuka kemungkinan kader PKS lainnya. Toh, KIM sendiri belum mengkonfirmasi secara detil siapa saja partai politik yang tergabung dalam KIM Plus.

(red/frg)

No more pages