Logo Bloomberg Technoz

The Fed Diprediksi Cuma Pangkas Bunga Acuan 25 Bps di September

News
09 August 2024 19:40

Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)
Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)

Steve Matthews dan Dana Morgan - Bloomberg News

Bloomberg, Sebagian besar ekonom yang disurvei hanya melihat penurunan suku bunga sebesar seperempat poin pada bulan September - sebuah temuan yang bertentangan dengan seruan beberapa bank besar Wall Street untuk melakukan pemangkasan besar-besaran pada pertemuan berikutnya.

Hampir 80% dari ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) akan memangkas suku bunga ke kisaran 5% hingga 5,25% pada pertemuan 17-18 September, dengan sebagian besar lainnya memperkirakan pengurangan yang lebih besar. Perkiraan median menunjukkan hanya 10% peluang untuk langkah langka menyesuaikan suku bunga sebelum pertemuan yang dijadwalkan.

Pembuat kebijakan The Fed telah menolak perlunya tindakan agresif menyusul laporan pekerjaan yang lebih lemah dari perkiraan pada Juli, ketika perekrutan melambat tajam dan tingkat pengangguran naik ke level tertinggi dalam hampir tiga tahun.

Pada saat yang sama, para pemimpin The Fed yang dipimpin oleh Gubernur Jerome Powell mengatakan mereka memberikan bobot yang lebih besar pada mandat ketenagakerjaan penuh mereka sambil terus berupaya mengurangi inflasi ke target 2%.