Logo Bloomberg Technoz

China Minta Bank Besar untuk Lapor Pembelian Obligasi Negara

News
09 August 2024 18:00

Gedung-gedung di China (Dok: Bloomberg)
Gedung-gedung di China (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Regulator keuangan China meminta beberapa bank terbesar di negara tersebut untuk mencatat catatan pembeli surat utang negara yang telah mereka jual. Ini merupakan cara halus dari pihak berwenang berusaha mengendalikan spekulan untuk mendinginkan reli obligasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Regulator keuangan minggu ini mengatakan kepada bank-bank yang dikelola negara untuk mencatat rincian rekanan yang membeli obligasi pemerintah bertenor panjang setiap hari, kata orang-orang yang mengetahui masalah ini, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena membahas masalah pribadi. Ini adalah pertama kalinya permintaan seperti itu diajukan kepada para pemberi pinjaman yang terlibat, kata orang-orang itu.

Asosiasi Nasional Investor Institusi Pasar Keuangan tidak segera menanggapi permintaan Bloomberg untuk memberikan komentar.

Beijing memperluas pertempurannya melawan spekulan obligasi, menargetkan segala sesuatu mulai dari perusahaan dana hingga bank-bank pedesaan, dalam upaya untuk mendorong imbal hasil pemerintah lebih tinggi dari rekor terendah. Turunnya imbal hasil obligasi membuat pihak berwenang gelisah, karena pembalikan yang tiba-tiba dapat mengirimkan gelombang kejut ke seluruh perekonomian.