Logo Bloomberg Technoz

Demam AI Picu Pendapatan TSMC Melonjak 45% di Juli

News
09 August 2024 17:40

Produsen cip kelas atas TSMC. (Dok: Bloomberg)
Produsen cip kelas atas TSMC. (Dok: Bloomberg)

Debby Wu

Bloomberg, Pendapatan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. naik 45% di bulan Juli, mempercepat laju pertumbuhan dibanding kuartal yang berakhir Juni dan meningkatkan harapan untuk permintaan yang kuat dan berkelanjutan untuk chip kecerdasan buatan dari perusahaan-perusahaan seperti Nvidia Corp.

Penjualan untuk bulan tersebut mencapai NT$256,95 miliar (US$7,9 miliar). Untuk kuartal ketiga, para analis memproyeksikan pendapatan TSMC akan tumbuh 37% menjadi NT$747,4 miliar, dengan hasil bulan Juli yang menunjukkan bahwa TSMC dapat melampaui ekspektasi tersebut.

Perusahaan terbesar di Taiwan ini merupakan salah satu kunci utama untuk permintaan Artificial Intelegence (AI), sebagai pembuat chip untuk pembuat akselerator terkemuka Nvidia dan Advanced Micro Devices Inc. Perusahaan ini juga merupakan pemasok tunggal prosesor untuk iPhone Apple Inc. pada saat pasar perangkat seluler menunjukkan tanda-tanda bangkit dari posisi terendah pasca-era COVID-19. Bulan lalu, pembuat chip kontrak terbesar di dunia ini meningkatkan prospek pertumbuhan setahun penuh hingga melampaui pertengahan maksimum 20% yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pertumbuhan penjualan TSMC

TSMC menawarkan penilaian yang optimis terhadap bisnis dan prospeknya saat terakhir kali melaporkan pendapatan, dengan Chief Executive Officer C.C. Wei mengisyaratkan bahwa perusahaan mungkin memiliki ruang untuk menaikkan harga karena lebih banyak pelanggan beralih ke teknologi tercanggih dan harus bersaing untuk mendapatkan kapasitas yang terbatas. Komputasi berkinerja tinggi, yang dipimpin oleh AI, menyumbang 52% dari pendapatan TSMC pada kuartal terakhir, pertama kalinya menyumbang lebih dari setengahnya.