Logo Bloomberg Technoz

Oki menjelaskan green diesel atau hydrogenated vegetable oil (HVO). Bahan bakar ini memiliki keuntungan karena memiliki angka setana yang tinggi (high cetane number), stabilitas oksidasi yang tinggi, rendah sulfur dan non-hygroscopic. 

Sementara itu bioetanol memiliki keuntungan karena nilai oktan tinggi (high octane number) dan bisa mengurangi emisi jejak karbon. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan bahwa dasar hukum mengenai pengembangan industri SAF di Indonesia bisa diluncurkan pada September 2024.

Pernyataan itu dilontarkan usai Luhut memimpin rapat Rancangan Peta Jalan dan Rencana Aksi Nasional Pengembangan Industri SAF di Indonesia pada Rabu (29/5/2024).

“Saya menargetkan setelah keluarnya Peraturan Presiden, SAF dapat kita launching payung hukumnya selambatnya pada Bali International Air Show pada September mendatang,” ujar Luhut melalui unggahan di akun Instagram resminya, dikutip Kamis (30/5/2024).

Dalam kaitan itu, Luhut mengatakan, pengembangan avtur rendah emisi atau ramah lingkungan belakangan sudah dilakukan oleh negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. 

Hal itu dilakukan melalui pengembangan minyak jelantah atau used cooking oil menjadi bahan bakar untuk industri penerbangan.

(dov/ain)

No more pages