Logo Bloomberg Technoz

Ia memperkirakan pertumbuhan Rusia akan melambat menjadi sekitar 2% pada paruh kedua tahun ini, dan mencapai 0,5%-1,5% pada tahun depan.

Penurunan ekonomi Rusia

Pemerintah secara besar-besaran meningkatkan pengeluaran setelah invasi Februari 2022, menggelontorkan uang ke industri militer dan pertahanan serta bertindak untuk melindungi bisnis domestik dari dampak sanksi yang dijatuhkan oleh AS dan Uni Eropa. 

Hal itu menyebabkan ekonomi menjadi overheating hingga mencapai tingkat yang tidak pernah terjadi sejak sebelum krisis keuangan global 2008, menurut Gubernur Bank Sentral Rusia Elvira Nabiullina, sebagai tanggapan atas lonjakan permintaan domestik yang sangat besar.

"Cadangan tenaga kerja dan kapasitas produksi hampir habis," kata Nabiullina. 

Bank sentral bulan lalu menaikkan suku bunga acuan sebesar 200 basis poin menjadi 18%, tertinggi sejak minggu-minggu awal perang, untuk melawan risiko stagflasi karena pertumbuhan harga yang terus meningkat.

Pengangguran, sebuah tanda utama dari overheating, telah menurun ke level terendah sepanjang sejarah di Rusia yaitu 2,4%, dan di bawah level pengangguran di negara-negara Kelompok Tujuh (G7). 

Sektor bisnis sekarang kekurangan lebih dari 2 juta pekerja, menurut Layanan Statistik Federal. Bank of Russia menutup armada kendaraan pengangkut uang lapis baja miliknya karena begitu banyak karyawan yang beralih bekerja di pabrik-pabrik pertahanan, demikian dilaporkan oleh situs berita RBC pada hari Kamis. 

Pengangguran di Rusia

Tuntutan dari militer untuk merekrut anggota baru untuk bergabung dalam perang terus menambah tekanan tenaga kerja, terutama karena pejabat pemerintah secara tajam meningkatkan bonus perekrutan bagi sukarelawan baru untuk mengisi jajaran tentara. 

Aktivitas ekonomi di bulan Juni menunjukkan tanda-tanda perlambatan di sebagian besar sektor dengan pertumbuhan konstruksi pada level terendah untuk periode tersebut sejak tahun 2020, menurut Kementerian Ekonomi.

Ekspansi di bidang manufaktur yang didorong oleh pesanan militer adalah setengah dari level di bulan Juni dibandingkan dengan bulan Mei. Perdagangan grosir termasuk penjualan energi melambat menjadi kurang dari 2% pertumbuhan dari dua digit pada bulan-bulan sebelumnya, data Kementerian Ekonomi menunjukkan.

Analisis Bloomberg Economics

Menurut Ekonom Bloomberg untuk Rusia Alex Isakov, industri militer Rusia yang bergairah tampaknya mencapai batas pertumbuhan dari semua sisi karena persaingan ketat untuk mendapatkan tenaga kerja, batas penggunaan peralatan dan akses yang semakin ketat ke komponen impor.

Industri 'sipil' tidak mungkin berada di tempat yang baik untuk menjadi pendorong pertumbuhan karena semakin banyak konsumen yang menghadapi kenyataan untuk meminjam dengan suku bunga 20% atau lebih.

Para pembuat kebijakan berharap tanda-tanda perlambatan di bulan Juni dan Juli mengindikasikan penurunan permintaan domestik, menurut risalah dari rapat penetapan suku bunga terakhir Bank Sentral Rusia. Penjelasan lain - batasan kapasitas produksi yang semakin parah - akan mengindikasikan bahwa tekanan inflasi tetap tinggi meskipun ada upaya bank untuk menguranginya. 

Data bulan Juni bisa jadi merupakan data yang hanya terjadi satu kali, sehingga masih terlalu dini untuk mengatakan apakah perlambatan telah dimulai, kata Tatiana Orlova, ekonom di Oxford Economics. Pertumbuhan akan menurun di paruh kedua tahun ini setelah pengetatan moneter dan berakhirnya program subsidi hipotek yang populer, yang kemungkinan besar akan memukul konstruksi, katanya. 

Aktivitas ekonomi Rusia pada Juni

Investasi modal di Rusia tetap tinggi, berpotensi menguji batas-batas pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang, menurut perkiraan bank sentral. Sanksi-sanksi telah mendorong investasi dalam produksi dalam negeri untuk suku cadang, peralatan, elektronik, dan komponen pesawat terbang sebagai respons terhadap permintaan, kata Ildar Mukhamediyev, direktur platform pengadaan lokal TenderPro LLC. 

"Perusahaan-perusahaan di Rusia tidak mengurangi aktivitas investasi mereka," ujarnya, mengutip survei perusahaannya yang menunjukkan lonjakan 70% dalam jumlah proyek modal yang dimulai dalam tujuh bulan pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023. 

Investasi modal hanyalah bagian dari kisah pertumbuhan jangka panjang, menurut Orlova di Oxford Economics. Kendala tenaga kerja dan teknologi mungkin akan lebih sulit dipecahkan karena perang Rusia memasuki tahun ketiga.

"Potensi pertumbuhan Rusia terhambat oleh beberapa masalah, seperti pertumbuhan populasi yang rendah, biaya tenaga kerja yang tinggi, dan iklim investasi yang sangat buruk," katanya. 

(bbn)

No more pages