Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Rusia Mulai Kehabisan Tenaga Akibat Perang Invasi Ukraina

News
09 August 2024 15:10

Ilustrasi Rusia (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Rusia (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Ekonomi Rusia mulai overheating yang dipicu oleh pengeluaran besar-besaran Kremlin untuk invasi ke Ukraina. Ada kemungkinan akan melambat tajam di tengah meningkatnya kendala di sektor-sektor utama yang telah menopang pertumbuhan hingga saat ini. 

Tenaga kerja praktis kehabisan sumber daya karena banyak dikerahkan untuk militer, yang cenderung membatasi ekspansi bisnis dari industri yang berhubungan dengan pertahanan. Sektor konstruksi dan perbankan tidak lagi terlindung dari dampak suku bunga yang sangat tinggi karena sebagian besar program kredit rumah yang disubsidi negara telah berakhir bulan lalu. 

Sementara produk domestik bruto terlihat melonjak lebih dari 4% per tahun pada kuartal kedua, pertumbuhan kemungkinan akan melambat menjadi setengah dari tingkat tersebut selama sisa tahun ini, menurut para ekonom yang disurvei Bloomberg. Layanan Statistik Federal akan mempublikasikan pembacaan awal untuk PDB kuartal kedua pada hari Jumat. 

Perkiraan ini "akan menunjukkan lonjakan pertumbuhan terakhir sebelum ekonomi Rusia mulai melambat," kata Alex Isakov, ekonom Rusia di Bloomberg Economics.