Logo Bloomberg Technoz

Keluar KPK, 10 Jaksa Temui Biro Kepegawaian Kejagung Hari Ini

Muhammad Fikri
09 August 2024 15:00

Ilustrasi Kejaksaan Agung. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Kejaksaan Agung. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) mengatakan, 10 anggota Korps Adhyaksa yang bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menuntaskan sejumlah langkah administratif sebelum resmi meninggalkan lembaga antirasuah tersebut. Hari ini, para jaksa tersebut melakukan pelaporan ke Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung.

“Terkait dengan 10 jaksa yang ditempatkan KPK selama ini, per hari ini barangkali beliau-beliau itu menghadap secara administrasi di Biro Kepegawaian” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Harli Siregar kepada wartawan di Kantor Kejaksaan Agung, Jumat (9/8/2024)

Menurut dia, keperluan administrasi ini hanya bagian usai Kejaksaan Agung melayangkan surat penarikan 10 jaksa tersebut ke KPK, 5 Agustus lalu. 

Di sisi lain, Harli mengklaim, korps Adhyaksa tersebut belum menyiapkan nama-nama pengganti dari para jaksa yang keluar dari KPK. Dia beralasan, kejaksaan tak mengetahui secara detil soal kriteria jaksa yang dibutuhkan KPK.

Meski demikian, dia mengklaim, kejaksaan selalu mengutus anggota-anggota terbaik untuk bertugas di KPK. Selama ini, kata dia, kejaksaan selalu mengikuti kriteria yang dibutuhkan lembaga antirasuah tersebut.