Logo Bloomberg Technoz

Hizbullah Disebut Siap Serang Israel Sendirian Tanpa Iran

Redaksi
09 August 2024 14:30

Perang Israel-Hizbullah di Lebanon. (Dok: Bloomberg)
Perang Israel-Hizbullah di Lebanon. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hizbullah tampaknya semakin terlihat akan menyerang Israel terlepas dari apa pun yang mungkin akan dilakukan Iran. Demikian ungkap dua sumber yang mengetahui informasi intelijen kepada CNN.

Kelompok militan yang berbasis di Lebanon ini bergerak lebih cepat daripada Iran dalam perencanaannya dan ingin menyerang Israel dalam beberapa hari ke depan, ungkap salah satu sumber tersebut. Sementara itu, Iran tampaknya masih menyusun rencana untuk merespons, kata beberapa pejabat kepada CNN.

Pejabat militer AS mengatakan kepada CNN bahwa Iran telah melakukan beberapa, tetapi tidak semua, persiapan yang diharapkan AS sebelum melakukan serangan besar terhadap Israel.

Namun, mengingat kedekatan Lebanon dengan Israel sebagai tetangga langsung di sebelah utara, Hizbullah dapat bertindak dengan sedikit atau tanpa pemberitahuan, sumber kedua yang mengetahui informasi intelijen mengatakan--yang tidak berlaku untuk Iran.

Tidak jelas bagaimana atau apakah Iran dan Hizbullah, proksi paling kuat di negara itu, berkoordinasi dalam kemungkinan serangan saat ini, dan ada perasaan di antara beberapa pejabat bahwa keduanya mungkin tidak sepenuhnya selaras dalam hal cara melangkah maju.