Logo Bloomberg Technoz

Ada laporan tentang beberapa cedera dan kerusakan terbatas dari gempa dengan magnitudo 7,1 yang melanda lepas pantai Kyushu pada Kamis (08/08/2024). Pulau ini adalah rumah bagi pabrik semikonduktor Sony Group Corp. Taiwan Semiconductor Manufacturing Co, yang membuka satu pabrik di sana, akan membuka pabrik kedua akhir tahun ini dan mempertimbangkan pabrik ketiga.

NHK menyela liputan Olimpiade untuk melaporkan gempa dan peringatan gempa besar berikutnya, dan terus mengeluarkan buletin pada Jumat (09/08/2024). Analisis tahun 2019 oleh panel pemerintah memperkirakan bahwa lebih dari 230.000 kematian dapat terjadi dalam skenario terburuk dari gempa palung Nankai.

Gempa bumi besar telah mengikuti gempa kecil di masa lalu. Gempa pendahuluan dimulai dua hari sebelum gempa dengan magnitudo 9 pada tahun 2011, yang paling kuat yang tercatat di Jepang. Kerusakan akibat gempa dan tsunami yang dihasilkan menewaskan hampir 20.000 orang dan memicu peleburan dan kebocoran radiasi dari sebuah fasilitas nuklir di Fukushima.

Central Japan Railway Co mengatakan kereta pelurunya berjalan lebih lambat antara Tokyo dan Jepang barat hingga peringatan dicabut. Badan pengawas Jepang mengatakan telah mengeluarkan peringatan kepada semua pembangkit listrik tenaga nuklir di negara tersebut untuk mengambil tindakan pencegahan. Pembuat komponen elektronik Kyocera Corp mengatakan beberapa peralatan rusak di sebuah pabrik di Kagoshima.

Pemerintah daerah dan perusahaan merespons setelah Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan pada Kamis.

Pembuat chip Rohm Co menangguhkan sementara operasi di prefektur Miyazaki di Kyushu dan mengatakan pemeriksaan keselamatan sedang dilakukan menurut seorang juru bicara. Sumco Corp, pembuat wafer silikon yang dibutuhkan dalam pembuatan chip, telah menghentikan operasi di pabriknya di Miyazaki, menurut seorang perwakilan.

Utilitas regional Kyushu Electric Power Co mengatakan telah membentuk satuan tugas untuk mengatur komunikasi dengan pembangkit listriknya. Seorang juru bicara perusahaan mengatakan bahwa fasilitas nuklirnya - Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Genkai di prefektur Saga dan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Sendai di prefektur Kagoshima - dirancang dengan mempertimbangkan gempa palung Nankai.

Chubu Electric Power Co, sebuah utilitas yang mencakup Jepang tengah, mengatakan telah membangun jaringan untuk memperkuat komunikasi antara kantor pusat dan cabang, menurut juru bicara.

(bbn)

No more pages