Logo Bloomberg Technoz

Proyek tersebut diduga terkait dengan pengadaan dan pemeliharaan jalur lintasan kereta api di wilayah Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa-Sumatera.

Diketahui  proyek yang terindikasi kasus suap salah satunya merupakan proyek yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Maret 2023 lalu yakni proyek Kereta Api (KA) Makassar-Parepare. Padahal proyek ini adalah kereta api pertama di Sulawesi.

Proyek KA Makassar-Pare Pare merupakan bagian pembangunan jalur Kereta Api Trans Sulawesi yang juga sarana prasarana transportasi berbasis rel yang dibangun pertama kali di Pulau Sulawesi.

Jalur rel ini menghubungkan Sulawesi Selatan (Makassar) hingga Sulawesi Utara (Manado) yakni jalur Makassar-Parepare lintas Maros-Barru.

Dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, pada akhir maret atau tepatnya Rabu (29/3/2023)  Presiden Jokowi bersama ibu negara Iriana Jokowi mengunjungi Sulawesi Selatan untuk meresmikan proyek tersebut. Peresmian itu dilakukan di Depo Kereta Api Maros, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Kita harapkan orang tidak berbondong-bondong naik kendaraan pribadi. Dengan kereta yang nyaman, dingin, dan bersih ini, orang akan berpindah naik kereta sehingga jalan tidak macet,” kata Jokowi.

(ezr/frg)

No more pages