Logo Bloomberg Technoz

Dari 46 persuahaan yang sahamnya masuk dalam indeks NSE Nifty 50 yang telah melaporkan kinerja keuangan, sekitar setengahnya meleset dari estimasi rata-rata para analis. Ini merupakan peningkatan tajam dari tiga bulan sebelumnya, di mana 39% perusahaan meleset dari ekspektasi. 

Gelombang panas berdampak pada pendapatan perusahaan di India

Meskipun gelombang panas merupakan tema yang berulang dalam banyak transkrip pendapatan, biaya bahan baku yang tinggi yang disebabkan oleh ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan gangguan pada rute pengiriman juga merupakan faktor yang signifikan.

Perusahaan pengiriman makanan Zomato Ltd. mengatakan bahwa gelombang panas adalah salah satu faktor yang menyebabkan penurunan margin secara berurutan. Raksasa infrastruktur Larsen & Toubro Ltd. mengatakan bahwa mereka mencoba memitigasi risiko panas dengan melakukan shift kerja di pagi hari dan sore hari.

Kondisi iklim yang memburuk juga telah menghasilkan beberapa pemenang. Whirlpool of India Ltd. dan produsen stabilizer V-Guard Industries Ltd. diuntungkan oleh permintaan yang disebabkan oleh musim panas. Generator listrik termasuk NTPC Ltd. milik negara melaporkan penjualan yang lebih baik dari perkiraan pada kuartal Juni, sebagian didorong oleh rekor permintaan di bulan-bulan musim panas. 

Kenaikkan pendapatan perusahaan India saat terjadi gelombang panas

Selebihnya, situasi akan semakin sulit karena insiden cuaca ekstrem diperkirakan akan meningkat. Dalam 30 tahun ke depan, panjang gelombang panas di India akan meningkat 25 kali lipat, menurut Atlas Risiko Iklim Group of 20. 

"Kami melihat ketidakkonsistenan dalam penetapan harga risiko iklim di pasar," kata Vlad Byalik, manajer portofolio nilai pasar negara berkembang di Ariel Investments LLC. "Pasar sering bereaksi berlebihan terhadap peristiwa-peristiwa jangka pendek dan kurang menghargai tren jangka panjang, yang sebagian didorong oleh isu iklim."

 

(bbn)

No more pages