Logo Bloomberg Technoz

Pejabat The Fed Optimis Angka Inflasi Akan Membaik

News
09 August 2024 07:00

Gubernur Federal Reserve Bank of Richmond Thomas Barkin. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Federal Reserve Bank of Richmond Thomas Barkin. (Dok: Bloomberg)

Craig Torres - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Bank of Richmond Tom Barkin mengatakan bank sentral memiliki waktu untuk menilai apakah ekonomi AS mengalami normalisasi atau apakah ekonomi AS melunak, sehingga mengharuskan para pejabat bertindak lebih tegas.

Barkin mengatakan bahwa ia optimis angka inflasi akan "baik" dalam beberapa bulan mendatang dan bahwa pelebaran disinflasi baru-baru ini akan terus berlanjut.

"Saya pikir Anda memiliki waktu dalam ekonomi yang sehat untuk mencari tahu apakah ini adalah ekonomi yang secara perlahan-lahan bergerak ke kondisi normalisasi yang akan memungkinkan Anda dengan cara yang mantap dan disengaja untuk menormalkan tingkat suku bunga," kata Barkin dalam acara virtual yang diselenggarakan National Association for Business Economics. "Atau apakah ini adalah saat di mana Anda benar-benar harus bersandar pada hal tersebut."

Para pejabat The Fed semakin mengalihkan fokus mereka ke pasar tenaga kerja dengan inflasi yang saat ini semakin mendekati target 2% dari bank sentral, tetapi Barkin menegaskan bahwa ia tidak melihat adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) yang meluas dalam waktu dekat.