Logo Bloomberg Technoz

Progres Temuan Sumber Gas di Andaman oleh Mubadala Energy

Dovana Hasiana
09 August 2024 07:50

Seorang karyawan Mubadala Development Co. berjalan melewati logo perusahaan./Bloomberg-Jonathan Drake
Seorang karyawan Mubadala Development Co. berjalan melewati logo perusahaan./Bloomberg-Jonathan Drake

Bloomberg Technoz, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengatakan Mubadala Energy, selaku raksasa energi asal Uni Emirat Arab (UEA), tengah melakukan proses pengeboran sumur appraisal (penilaian) di Blok South Andaman. 

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi D Suryodipuro mengatakan proses tersebut harus dilakukan sebelum pengajuan rencana pengembangan (plan of development) dari raksasa energi tersebut. 

“Mereka sudah proses appraisal, baru nanti akan ditentukan mereka itu skema pengembangannya seperti apa, terus mereka akan menyampaikan plan of development, baru itu reserve replacement ratio [RRR] nya baru bisa ketahuan, berapa reserve-nya, mau arahnya dia mau ke mana, apakah itu nanti ditariknya ke mana,” ujar Hudi di Jakarta Selatan, dikutip Kamis (8/8/2024). 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif berharap produksi gas dari sejumlah lapangan di Laut Andaman bisa dimulai atau onstream pada 2027.

Arifin mengatakan lapangan di Laut Andaman berpotensi menghasilkan 12 triliun kubik kaki atau triliun cubic feet (tcf) gas.