Logo Bloomberg Technoz

INDEF Dorong Penguatan Satgas Impor di Level Kepemimpinan

Pramesti Regita Cindy
08 August 2024 21:20

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat Pemusnahan Pakaian Bekas (Ballpress) Satgas Importasi Ilegal. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cind
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat Pemusnahan Pakaian Bekas (Ballpress) Satgas Importasi Ilegal. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cind

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Center of Industry, Trade and Investment Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Andry Satrio Nugraha mengusulkan penguatan satuan tugas (satgas) Impor Ilegal.

Salah satu yang bisa dilakukan, kata dia, dengan menaikkan level kepemimpinan satgas dari Dirjen menjadi Menteri agar dapat melaporkan langsung hasil kerjanya kepada Presiden.

Menurutnya, koordinasi yang lebih luas dan dukungan hukum yang lebih kuat diperlukan untuk menghadapi tantangan dalam menindak impor ilegal yang melibatkan oknum tertentu.

"Saya yakin satgas impor ilegal saat ini mengalami bottleneck-bottleneck dalam hal menindak beberapa oknum yang terlibat dalam impor ilegal ini, misalnya. Ini yang bisa menyelesaikan ya menurut saya adalah menteri dengan izin dari Presiden," ungkap Andry Satrio dalam diskusi yang diadakan secara daring, Kamis (8/8/2024).

"Tapi kita tidak tahu apakah dalam hal ini memang ada beberapa yang mungkin dilindungi atau seperti apa, kita tidak tahu. Tapi pada akhirnya untuk melihat bahwa satgas Impor Ilegal ini bisa efektif kedepannya sekalipun, harus ada restu dari Presiden, harus diberikan produk hukum yang lebih tinggi lagi," jelas Andry.