Logo Bloomberg Technoz

PDIP, kata Hasto, akan melakukan pemantauan lebih lanjut agar terciptanya kontestasi yang berjalan dengan sehat, dan tidak ada bentuk penghadangan terhadap calon siapapun.

“PDI Perjuangan terus mengawal agar kontestasi Pilkada dapat berlangsung dengan sehat dan tidak ada bentuk pengadangan kepada siapapun, partai manapun, kader manapun, karena setiap anak bangsa oleh konstitusi itu memiliki hak konstitusional untuk dicalonkan,” kata Hasto.

Terkait dengan isu ditinggalkan PKS, sebelumnya Anies menanggapi hal tersebut bahwa hingga saat ini dukungan partai masih sama seperti pertama kali ia terima. Isu yang belakangan ini muncul, menurut dia, semua adalah spekulasi.

“Semua spekulasi-spekulasi. Sekarang ini tidak ada. Belum ada yang berubah, sama” kata Anies.

Santernya isu mengenai Ridwan Kamil yang akan maju di Jakarta, mulai terbit saat Koalisi Kim Plus sepakat mengusung Dedi Mulyadi maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Barat.

“Ya kan sudah jelas kalau Jawa Barat [Dedi Mulyadi] begitu, berarti Jakarta siapa [Ridwan Kamil?],” kata Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto.

Kemunculan dari Ridwan Kamil mengakibatkan konstelasi diprediksi berubah. PKS, partai yang kerap diisukan akan bergabung dalam KIM Plus, belakangan diisukan akan mengalihkan dukungannya dari Anies Baswedan.

(fik/ain)

No more pages