Logo Bloomberg Technoz

Astra (ASII) Kalem soal Persaingan Mobil EV Vs China

Sultan Ibnu Affan
08 August 2024 21:00

Logo Toyota pada salah satu gerai penjualan mobil milik Astra International. (Dok NG SWAN TI/Bloomberg)
Logo Toyota pada salah satu gerai penjualan mobil milik Astra International. (Dok NG SWAN TI/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Astra Internasional Tbk (ASII), sebagai induk perusahaan yang menaungi merek otomotif asal Jepang mengaku tak mempermasalahkan persaingan antara produsen mobil China dan Jepang, seiring dengan kian agresifnya Negeri Panda dalam memperkuat produksinya di Indonesia.

Direktur ASII Henry Tanoto mengatakan persaingan tersebut justru membuat pasar otomotif di Tanah Air semakin berkembang dan tumbuh. 

"Ini berarti market game otomotif di Indonesia ini sangat atraktif dan juga akan tumbuh ke depannya. Jadi ini merupakan satu sinyal yang baik," ujar Hendry dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (8/8/2024).

Hendry mengatakan perseroan juga akan terus berupaya memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia, sebagai bagian dari strategi perusahaan yang telah dilakukan sebelumnya.

Sejauh ini, lanjut dia, Astra juga saat ini terbilang telah memiliki sejumlah portofolio bisnis dan produk otomotif yang sangat lengkap. Itu tecermin dari produksi mobilnya yang masih menggunakan bahan bakar bensin atau Internal Combustion Engine (ICE) hingga Hybrid.