Logo Bloomberg Technoz

Gempa M 7,1 Guncang Jepang, PLTN & Pabrik Chip Tak Terdampak

News
08 August 2024 16:46

Ilustrasi gempa Jepang. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi gempa Jepang. (Sumber: Bloomberg)

Sarah Hilton - Bloomberg News

Bloomberg, Gempa bumi dengan magnitudo 7,1 melanda lepas pantai Miyazaki di pulau utama Kyushu, Jepang dan memicu peringatan Tsunami. NHK mengatakan tidak ada dampak gempa terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir Ikata, yang terletak di pulau utama Shikoku, di sebelah timur laut gempa. Juru bicara pemerintah Yoshimasa Hayashi dalam sebuah jumpa pers mengatakan belum ada laporan abnormalitas sejauh ini di pembangkit nuklir.

Juru bicara Sony Group Corp dan SUMCO Corp, yang mengoperasikan pabrik-pabrik terkait chip di Kyushu, mengatakan mereka sedang mengumpulkan informasi tentang kerusakan apa pun yang disebabkan oleh gempa. Rohm Co Ltd tidak dapat memberikan komentar langsung tentang kerusakan.

NHK melaporkan gempa terjadi sekitar pukul 16.43 waktu setempat pada Kamis (08/08/2024), yang cukup kuat untuk membuka pintu dan memecahkan jendela. Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan Tsunami untuk prefektur Miyazaki, Kochi, Ehime, Oita, dan Kagoshima di pulau Kyushu dan Shikoku.

NHK mengatakan gelombang tsunami setinggi 50 sentimeter telah menghantam pelabuhan Miyazaki sementara gelombang yang lebih kecil menghantam bagian lain dari pantai.