Logo Bloomberg Technoz

Ma’ruf Minta Tokoh Agama Bantu Sosialisasi Program JKN-KIS

Mis Fransiska Dewi
08 August 2024 17:10

Wakil Presiden Maruf Amin di Maluku. (Dok Setwapres)
Wakil Presiden Maruf Amin di Maluku. (Dok Setwapres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan perlu ada pelibatan tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam menyosialisasikan manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, terluar, dan sulit terjangkau.

“Pemerintah daerah harus mendorong agar setiap penduduk yang berada di wilayahnya terdaftar sebagai peserta aktif dalam program JKN-KIS,” kata Ma’ruf dalam kegiatan Penghargaan Universal Health Coverage, Kamis (8/8/2024). 

Selain itu, Ma’ruf juga menekankan agar pemerintah dapat menggunakan pendekatan lebih efektif dan solutif bagi masyarakat yang belum melaksanakan kewajiban iurannya.

Evaluasi sistem pembayaran kewajiban iuran yang telah ada, kata dia, bisa dalam bentuk program restrukturisasi atau pemberian insentif bagi masyarakat yang sudah lebih awal melunasi kewajiban iurannya.

“Dorong ketepatan penyaluran subsidi pembayaran agar manfaatnya dapat dirasakan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan,” ujar Ma’ruf.