Logo Bloomberg Technoz

Profil 40 Capim KPK: Petahana, Polisi, Jaksa, Hingga Eks Istana

Muhammad Fikri
09 August 2024 05:30

Logo KPK (Dok KPK)
Logo KPK (Dok KPK)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) telah meloloskan 40 nama dari 240 peserta yang mengikuti tes tertulis pada akhir Juli 2024. Mereka akan menjalani tahap profile assesment pada 28-29 Agustus mendatang.

Berdasarkan tahapan seleksi, Pansel memang masih memiliki dua tes untuk menyaring para calon tersebut. Usai profile assesment, para calon yang lolos akan menjalani tes wawancara.

Pansel hanya akan memilih 10 nama Capim KPK yang diajukan kepada presiden. Seluruh nama tersebut kemudian dikirim ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk digelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

DPR kemudian akan menetapkan urutan dari 10 nama Capim KPK berdasarkan hasil fit and proper test. Peringkat pertama hingga kelima akan menjadi Pimpinan KPK periode 2024-2029. Sedangkan peringkat keenam hingga ke-10 menjadi cadangan jika pimpinan terpilih mengundurkan diri, dicopot paksa, atau meninggal dunia di tengah masa jabatan.

Peringkat pertama pada fit and proper test akan menjadi ketua KPK 2024-2029.