Logo Bloomberg Technoz

Saham TPIA Tak Terbendung; Market Cap Salip AMMN, Cek Valuasinya

Muhammad Julian Fadli
08 August 2024 16:34

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kapitalisasi pasar atau market cap saham PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) resmi menyalip PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN). Emiten Petrokimia kepunyaan Prajogo Pangestu ini, juga unggul dari sisi imbal hasil (return) di sepanjang tahun berjalan 2024.

Hingga perdagangan Kamis (8/8/2024), harga saham TPIA berhasil ditutup di zona hijau dengan kenaikan 25 poin, atau menguat 0,24% ke level Rp10.325/saham.

Saham TPIA telah diperdagangkan sebanyak 13,67 juta saham dengan nilai transaksi menyentuh Rp141,77 miliar sejak pembukaan perdagangan pagi tadi. Frekuensi transaksi tercatat sebanyak 5.568 kali.

Pergerakan Saham TPIA secara Year to Date (Bloomberg)

Dengan posisi harga tersebut, saham TPIA memiliki market cap senilai Rp893,23 triliun. Nilai ini telah berhasil melampaui kapitalisasi pasar saham AMMN yang saat ini ada di angka Rp750,56 triliun.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, market cap TPIA saat ini sekaligus menempati urutan tiga terbesar, makin mendekati saham PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) yang sebesar Rp1.087,01 triliun, yang saat ini bertengger di posisi kedua.