Logo Bloomberg Technoz

Indonesia akan menjalani Mutual Evaluation Review (MER) untuk bisa mendapatkan keanggotaan penuh. Pengajuan keanggotaan ini diajukan oleh Kementerian Keuangan sejak tahun 2017. Menurut Sri Mulyani, status full member di FATF akan memberikan banyak manfaat, salah satunya akan memperbaiki citra sistem keuangan Indonesia serta meningkatkan kualitas iklim investasi di Indonesia

IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi 2023 akan melambat dengan proyeksi lebih kecil dibanding outlook Januari (Bloomberg)

Pertemuan di bawah bayangan krisis

Pertemuan musim semi Bank Dunia dan IMF akan berlangsung akhir pekan ini dengan agenda reformasi dan penggalangan dana ambisius yang kemungkinan akan dibayangi oleh kekhawatiran akan inflasi tinggi, meningkatnya ketegangan geopolitik, dan stabilitas keuangan.

“Pertumbuhan secara historis tetap lemah – sekarang dan dalam jangka menengah,” kata direktur pelaksana IMF Kristalina Georgieva dalam pidatonya pekan lalu.

IMF memperkirakan pertumbuhan global turun di bawah 3% tahun ini, dan mendekati 3% untuk setengah dekade berikutnya – prediksi jangka menengah terendah sejak 1990-an.

(evs)

No more pages