Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani ke Washington Bahas Krisis Ekonomi Dunia

Krizia Putri Kinanti
13 April 2023 14:03

Menteri keuangan, Sri Mulyani selama pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G-20 di Bengaluru, India. (Samyukta Lakshmi/Bloomberg)
Menteri keuangan, Sri Mulyani selama pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G-20 di Bengaluru, India. (Samyukta Lakshmi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan menghadiri pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dan pertemuan tingkat tinggi yang diselenggarakan oleh Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) di Washington pekan ini. Sri Mulyani tiba di Washington pada Rabu (13/2/2023) malam waktu AS.

“Pertemuan ini menjelaskan mengenai perkembangan ekonomi global dan terutama  kondisi tidak terlalu baik di mana perekonomian dunia tahun ini diperkirakan akan jauh melemah dan inflasi akan menjadi tantangan di berbagai negara,” ujarnya dikutip dari unggahan Instagramnya, Kamis (13/4/2023).

Ia menambahkan kondisi perekonomian dunia yang tidak terlalu baik ini menyebabkan kebijakan moneter kenaikan suku bunga dan pengetatan likuiditas akan mengancam pertumbuhan ekoinomi. Pada pertemuan itu juga membahas  berbagai hal menyangkut bagaimana stabilitas sistem keuangan terpengaruh oleh kondisi perlemahan ekonomi dan kebijakan suku bunga di berbagai negara di dunia.

“Kondisi perekonomian dunia perlu diwaspadai sampai dengan akhir tahun, diharapkan tahun depan akan lebih baik,” tuturnya. 

Selain membahas kondisi perekonomian dunia, pertemuan ini juga akan membahas isu ketahanan pangan dan energi serta bagaimana meningkatkan kerjasama di tingkat global untuk membantu berbagai negara yang mengalami dampak dari krisis dunia.