Logo Bloomberg Technoz

Starlink memberikan diskon pemasangan hingga 40% atas perangkat untuk kategori paket residensial dan jelajah. Potongan harga sekitar Rp3 juta membuat pengguna hanya cukup membayar Rp4,68 juta.

Pengamat teknologi sekaligus Direktur Eksekutif Information and Communication Technology (ICT) Institute Heru Sutadi menggarisbawahi pentingnya peran pemerintah dalam menjamin kompetisi secara sehat pada tiga pelaku bisnis jasa telekomunikasi, yakni operator seluler, penyelenggara berbasis fiber optic, provider internet berbasis satelit.

Ine Minara S. Ruky, akademisi dari Universitas Indonesia (UI) menjabarkan bahwa predatory pricing bermula dari niat untuk mematikan pesaing. Pelaku predatory pricing kerap menetapkan harga di bawah biaya produksi, sehingga praktik ini tidak melulu soal lebih murah atau membandingkan satu hari di suatu tempat dengan lainnya.

Untuk rincian paket internet satelit LEO Starlink bisa cek di sini.

Perwakilan Starlink bulan lalu memastikan bahwa seluruh kebijakan dan ketentuan internasional telah mereka penuhi. Termasuk segala kewajiban lainnya, terang kuasa hukum PT Starlink Services Indonesia.

Kementerian Kominfo Rabu (8/8/2024) kemarin juga mengklaim bahwa Starlink sudah lolos serangkaian prasyarat sebelum menawarkan layanan internet cepatnya di dalam negeri.

Kominfo telah mengeluarkan izin Hak Labuh Satelit dan Izin Stasiun Radio (ISR) Angkasa kepada Starlink. Keduanya memiliki masa laku 1 tahun.

Perangkat Starlink juga sudah bersertifikasi, termasuk antena gateway, router dan antena user terminal, jelas Kominfo yang disarikan dalam dokumen hasil FGD bersama KPPU.

Pemenuhan kewajiban lainnya adalah Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) untuk Penyelenggaraan Jaringan Tertutup Melalui Media VSAT dan Penyelenggaraan Jasa Multimedia Layanan Akses Internet (ISP). 

Ada juga Izin Berusaha Berbasis Risiko Izin Penyelenggaraan Jaringan Tetap Tertutup Media VSAT dan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Penyelenggaraan Jasa Multimedia Layanan Akses Internet.

(wep)

No more pages