Logo Bloomberg Technoz

Berdasarkan data Pansel Capim KPK, empat jenderal ini tercatat lolos dari tes tertulis.

Akan tetapi, sebenarnya masih ada tiga nama lain yang juga adalah perwira tinggi atau jenderal polisi. 

Pertama adalah Komisaris Jenderal Agung Setya Imam Effendi yang saat ini bertugas sebagai Sekretaris Utama Badan Intelejen Negara atau BIN. Pada daftar Pansel, Agung tercatat sebagai pegawai negeri sipil atau PNS.

Agung sendiri memang menyisakan sedikit masa bakti karena akan memasuki usia pensiun pada 8 Maret 2025 atau usia 58 tahun. Akan tetapi, dia bisa memperpanjang masa dinas kepolisiannya jika RUU Polri segera diketok DPR. Salah satu pasal akan memperpanjang usia perwira polisi hingga 60 tahun.

Kedua, Wakil Kapolda Kalimantan Tengah Brigadir Jenderal Rakhmad Setyadi. Namanya tak disebut oleh Humas Polri namun lolos di data Pansel Capim KPK dengan catatan anggota Polri.

Sedangkan nama ketiga adalah Inspektur Jenderal Purnawirawan Sang Made Mahendrajaya. Pada tahun-tahun terakhir masa dinasnya, dia memang lebih banyak bertugas di bidang eksekutif atau pemerintahan.

Dia diangkat menjadi staf khusus Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sejak 2019. Jelang pensiun, dia kemudian dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Penjabat Gubernur Bali sejak 5 September 2023 hingga Pilkada Serentak mendatang.

(fik/frg)

No more pages