Logo Bloomberg Technoz

Capim KPK, 7 Polisi dan Purnawirawan Lolos ke Tahap Berikutnya

Muhammad Fikri
08 August 2024 15:15

Pansel Capim KPK memberikan keterangan terkait tes untuk Calon pimpinan KPK di Jakarta, Rabu (31/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pansel Capim KPK memberikan keterangan terkait tes untuk Calon pimpinan KPK di Jakarta, Rabu (31/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK (Pansel Capim KPK) mengumumkan 40 nama dari 230 calon yang lolos dari tes tertulis, akhir Juli 2024. Para calon yang lolos akan menjalani tahap profile assesment pada 28-29 Agustus mendatang.

Berdasarkan penelusuran sejumlah informasi, Bloomberg Technoz mencatat ada tujuh nama calon yang memiliki latar belakang anggota kepolisian atau Polri. Beberapa tercatat masih aktif, dan lainnya sudah pensiun atau berstatus purnawirawan.

Padahal, Markas Besar Polri sempat menyampaikan pengumuman isinya Korps Bhayangkara tersebut hanya mengirimkan empat jenderal jagoannya untuk mengikuti proses seleksi Capim KPK. Hal ini diungkap Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo yang menyebut anggota polisi yang mau ikut seleksi Capim KPK akan mengikuti tes di internal Polri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, hanya empat polisi berpangkat bintang yang lolos untuk maju ke seleksi Capim KPK. 

Mereka adalah Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Komisaris Jenderal Setyo Budiyanto; Sekretaris Utama Lemhanas Komisaris Jenderal RZ Panca Putra Simanjuntak; Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Tengah Inspektur Jenderal Djoko Purwanto; dan Deputi bidang Koordinasi dan Supervisi KPK Inspektur Jenderal Didik Agung Widjanarko.