Logo Bloomberg Technoz

Empat Jagoan Jaksa Agung Bertahan di Seleksi Capim KPK

Muhammad Fikri
08 August 2024 15:40

Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Harli Siregar. (Dok. Kejaksaan Agung)
Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Harli Siregar. (Dok. Kejaksaan Agung)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Selain Kepolisian atau Polri, peserta calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau Capim KPK juga diisi aparat penegak hukum dari Korps Adhyaksa. Berdasarkan catatan Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK, ada empat nama yang lolos untuk ikut tahap profile assesment pada 28-29 Agustus 2024.

Jaksa Agung ST Burhanuddin sebenarnya mengirim lima jaksa andalannya untuk mengikuti seleksi calon pimpinan KPK periode 2024-2029. Berdasarkan data pansel, satu jaksa gagal dalam tes tertulis yaitu Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bali, Ketut Sumedana.

Sedangkan, empat jaksa lainnya masih bertahan untuk ikut tes selanjutnya. Mereka adalah Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung, Harli Siregar; mantan Direktur Penuntutan KPK, Fitroh Rohcahyanto; Sekretaris Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Andi Herman; dan Deputi bidang Koordinasi Hukum dan HAM Kemenkopolhukam, Sugeng Purnomo.

Selain polisi dan jaksa, sejumlah hakim juga tercatat lolos dari tes tertulis Capim KPK. Beberapa hakim yang lolos yaitu Hakim Albertus Usada, Hakim Ibnu Basuki Widodo, Hakim Minanoer Rachman, dan Hakim Rios Rahmanto.

Beberapa calon pun memiliki latar Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Mereka adalah eks anggota BPK, Agus Joko Pramono; Kepala Biro SDM BPK Gunarwanto; dan Inspektur Utama BPK I Nyoman Wara. Serta, anggota Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan DKI Jakarta, Michael Rolandi Cesnanta Brata.