Logo Bloomberg Technoz

Iran Tak Punya Pilihan Selain Balas Israel Atas Kematian Haniyeh

Redaksi
08 August 2024 16:00

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. (Sumber: Bloomberg)
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Iran disebut tidak memiliki pilihan lain selain membalas "agresi" Israel, saat Timur Tengah menunggu tanggapan Teheran terhadap Israel atas pembunuhan seorang pemimpin Hamas di ibu kota Iran minggu lalu.

Demikian disampaikan oleh penjabat Menteri Luar Negeri Iran Ali Bagheri Kani dalam sidang luar biasa dari 57 negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Jeddah, Arab Saudi pada Rabu (7/8/2024). 

"Dengan tidak adanya tindakan yang tepat dari Dewan Keamanan PBB terhadap agresi dan pelanggaran rezim Israel, Republik Islam Iran tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan hak yang melekat pada dirinya untuk melakukan pembelaan yang sah terhadap tindakan-tindakan rezim ini," katanya dilansir Al Arabiya, Kamis (8/8/2024).

Pertemuan ini diadakan sebagian atas permintaan Iran, menyusul pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada Rabu lalu, serangan yang oleh Iran dikaitkan dengan Israel.

Israel belum mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Bagheri-Kani mengatakan bahwa pembalasan Iran "diperlukan untuk mencegah perambahan lebih lanjut oleh rezim ini terhadap kedaulatan, warga negara, dan wilayah Republik Islam Iran," dan menambahkan bahwa pembalasan tersebut akan dilakukan "pada waktu yang tepat dan dengan cara yang proporsional."