Logo Bloomberg Technoz

NTSB Serukan Audit Mendadak Pabrik Boeing usai Kecelakaan Fatal

News
08 August 2024 15:50

Boeing (Bloomberg Technoz)
Boeing (Bloomberg Technoz)

Allyson Versprille - Bloomberg News

Bloomberg, Kepala Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS (National Transportation Safety Board/NTSB) pada Rabu (07/08/2024) mengatakan bahwa regulator penerbangan AS harus melakukan lebih banyak audit dan inspeksi mendadak di pabrik Boeing Co, guna mendapatkan gambaran yang jelas tentang proses produksinya. Hal ini dikatakan beberapa bulan setelah salah satu jetnya kehilangan panel badan pesawat saat sedang terbang.

Jennifer Homendy, Ketua NTSB, mengatakan kepada wartawan setelah hari kedua dari sidang ekstensif tentang kecelakaan 5 Januari yang melibatkan pesawat Boeing 737 Max 9 yang diterbangkan oleh Alaska Airlines, bahwa ada tempat bagi Federal Aviation Administration (FAA) untuk melakukan audit terjadwal. "Tetapi Anda juga harus melakukan audit mendadak, diskusi mendadak dengan orang-orang," katanya.

Pemberitahuan yang diberikan sebelum audit adalah salah satu pertanyaan utama Homendy kepada manajer FAA yang memberikan kesaksian pada sidang yang digelar selama dua hari untuk mencari jawaban tentang mengapa panel, yang dikenal sebagai sumbat pintu, terlepas selama penerbangan. Anggota dewan dan staf NTSB menginterogasi eksekutif di Boeing dan pemasok utama Spirit AeroSystems Holdings Inc, serta pejabat di FAA.

Para manajer FAA memberi tahu Homendy bahwa meskipun perusahaan seperti Boeing dan Spirit sering menerima pemberitahuan bahwa audit akan terjadi, mereka tidak diberitahu secara spesifik apa yang akan dilihat oleh FAA, sehingga sulit bagi perusahaan untuk merencanakan dengan efektif.